Selasa, 29 Januari 2013

Isim Ghoirul Munshorif



اَلْمَمْنُوعُ مِنَ الصَّرْفِ / غَيْرُ الْمُنْصَرِفِ
(Isim Ghoirul Munshorif)
Isim Ghoirul Munshorif adalah isim yang tidak boleh ditanwin dan dikasroh.
Contoh: عُثْمَانُ – مَسَاجِدُ – عُمَرُ – عَائِشَةُ

Syarat-syarat isim ghoirul munshorif:
1. Tidak sebagai mudhof (disandarkan pada isim yang lain)
Contoh: صَلَّيْتُ فِى مَسَاجِدَ
مَرَرْتُ بِعُمَرَ
Apabila isim ghoirul munshorif ini sebagai mudhof, maka batal hukumnya.
Contoh: صَلَّيْتُ فِى مَسَاجِدِ هِم
2. Terbebas dari alif dan lam
Contoh: صَلَّيْتُ فِى مَسَاجِدَ
مَرَرْتُ بِعُمَرَ
Apabila isim ghoirul munshorif ini memakai alif dan lam, maka batal hukumnya.
Contoh: صَلَّيْتُ فِى المَسَاجِدِ

Kelompok isim yang masuk dalam kategori ghoirul munshorif
1. Nama perempuan yang lebih dari 3 Huruf
Contoh: مَرْيَمُ – عَائِشَةُ
2. Nama Laki-laki yang berakhiran Ta Marbuthoh ة, 
Contoh: حمزة ,أسامة

3. Nama laki-laki yang berpola فُعَلُ

Contoh: عُمَرُ – زُحَلُ
4. Nama Laki-laki yang berpola أفْعـلُ
Contoh: اًحْـمَـدُ، اَنْوَرُ


5. Nama yang diakhiri dengan tambahan alif dan nun ان
Contoh: عُثْمَانُ – سَلْمَانُ


6. Nama orang asing (selain arab) / nama ajam
Contoh: إِبْرَاهِيْمُ – إِسْمَاعِيْلُ

7. Kata Sifat yang berpola فَـعْـلاَنُ
Contoh: كسلان، جوعان

8Kata sifat yang berpola أفْعـلُ
Contoh: أحمر، أسود

9Kata sifat yang berpola فَـعْـلاَء
خَمْرَاءُ، صفراء، صوداء


10. Isim jamak taksir berpola sebagai berikut:
a. مَفَاعِلُ  contoh : مَسَاجِدُ , مَقَاعِد
b. أَفْعِلاءُ contoh : صْدِقاءُ، أغنياء، اقوياء
c. فُعَلاَءُ  contoh : فُقَرَاءُ، زُمَلاَءُ
d. مَفَاعِيلُ contoh: مَنَادِيلُ، مفاتيه، مناجين

11. Isim maqshur yang berjenis muannats
Contoh: كُبْرَى – حُبْلَى


Catatan:
1. Isim maqshur yang bukan kelompok muannats, maka tidak termasuk isim ghoirul munshorif.
Contoh: هُدًى – فَتًى
2. Semua nama orang yang diakhiri dengan ta marbuthoh maka dia ghoirul munshorif walaupun digunakan untuk nama orang laki-laki.
Contoh: مُعَاوِيَةُ – طَلْحَةُ
3. Nama negara dan kota dikategorikan sebagai nama perempuan sehingga temasuk kelompok ghoirul munshorif.
Contoh: بَغْدَادُ – مِصْرُ

21 comments:

  1. kalau lafal syaiún = asy yaaá illatnya apa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo syaiuun itu mufrod atau tunggal,,sedang kata asyaa itu jama, ( jama taksiir)

      Hapus
  2. Gan,ane kurang ngrti nih, mksudnya klo sbagai mudhof dan msuk alif lam itu batal kya gmna? Bkannya klo ghoiru munshorif gk bsa d gabungin apa2 yah?

    BalasHapus
  3. contoh مررت بأحمدَ alamat jernya menggunakan fathah, tetapi kalau kemasukan ال, maka alamat jernya menggunakan kasroh, مررت بلأَحمدِ. begitupun juga ketika dimudofkan. مررت بأحمدِكُمْ

    BalasHapus
  4. maaf kurang alif مررت بالأحمدِ

    BalasHapus
  5. kalo رحمان gimana gan

    BalasHapus
  6. Brrti yg bnr mmg fardi sahri romadoni bukan romadona. Karena romadoni mnjadi mudof jadi majrurny pake kasroh. Joss gan...

    BalasHapus
  7. dalam niat puasa itu yang betul syahru romadhona apa syahru rumadhoni ???

    BalasHapus
  8. secara nahwu yang bener syahru romadhoni karena termasuk isim ghoiru munshorif yg dimudhofkan. akan tetapi di masyarakat sudah hampir menjadi kebiasaan dengan membaca "romadhona"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg betul romadhona,bukan romadhoni,coba ibnu umaro atau ibnu umari??,dalam alquran juga syahru romadhona,bukan romadhoni

      Hapus
  9. ridho zubair ini sepertinya g ngerti ilmu nahwu ya?

    BalasHapus
  10. mai saroh sebaiknya tidak menilai orang lain lebih bodoh dari kita biarkan dia kasih masukan dengan argumen nya sebab belum tentu yg orang ketahui bisa kita ketahui jg

    BalasHapus
  11. Dalam kitab-kitab fiqh juga diterangkan cara membacanya dengan harakat kasrah (RomadloNI, di antaranya dalam kitab I’anatut Tholibin Juz 2 Hal. 253 ketika menerangkan lafad niat puasa Ramadlan sebagai berikut:
    …(قوله: بالجر لإضافته لما بعده) أي يقرأ رمضان بالجر بالكسرة، لكونه مضافا إلى ما بعده، وهو اسم الإشارة.
    bisa saja lafad Romadlon dibaca menggunakan fathah dengan memberhentikan kedudukannya sebagai mudlof ilahi dari lafad syahr. Dengan syarat lafad sesudahnya hadzihis sanah dibaca nashob dengan harakat fathah karena berkedudukan menjadi dharaf zaman. Sehingga cara membacanya adalah ‘An ada’i fardli syahri RamadloNA hadzihis SanaTA. Akan tetapi yang demikian ini jarang digunakan oleh kitab-kitab fiqh, sebab mayoritas kitab memudlofkan lafad Romadlon pada lafad hadzihis sanati untuk menunjukkan kekhususannya. Wallahu A’lam…

    BalasHapus
  12. p' malang coy justru malah 'an ada i fardhi sahri romadhoni hadzihissanati

    BalasHapus
  13. Mantap,minta ijin mengkopi untuk belajar

    BalasHapus