Jumat, 04 Januari 2013

Isim Istifham

Berikut ini adalah yang termasuk ke dalam isim Istifham :


Kata Tanya
Contoh Kalimat TanyaContoh Jawaban
هَلْ / أَهَلْ أََنْتَ مَرِيْضٌ ؟لاَ، أَنَا فِيْ صِحَّةٍ
(=apakah)
(=apakah engkau sakit?)
(=tidak, saya sehat)
مَاذَا / مَا
مَاذَا تَكْتُبُ ؟
أَكْتُبُ رِسَالَةً
(=apa)
(=apa yang kau tulis?)
(=aku menulis surat)
مَنْ ذَا / مَنْ
مَنْ كَتَبَ هَذَا ؟أَحْمَدُ كَتَبَ هَذَا
(=siapa)
(=siapa yang menulis ini?)
(=Ahmad yang menulis ini)
أَيَّةُ / أَيُّ
أَيُّ قَلَمٍ تُحِبُّ ؟أُحِبُّ قَلَمَ اْلأَسْوَدِ
(=yang mana)
(=pena yang mana kau suka?)(=aku suka pena yang hitam)
مَتَى
مَتَى تَذْهَبُ ؟
أَذْهَبُ غَدًا
(=kapan)
(=kapan engkau pergi?)
(=aku pergi besok)
أَيْنَ
أَيْنَ تَذْهَبُ ؟
أَذْهَبُ إِلَى الْقَرْيَةِ
(=dimana)
(=dimana engkau pergi?)
(=aku pergi ke kampung)
كَيْفَ
كَيْفَ تَذْهَبُ ؟أَذْهَبُ بِالْحَافِلَةِ
(=bagaimana)
(=bagaimana engkau pergi?)
(=aku pergi dengan bus)
كَمْ
كَمْ يَوْمًا تَذْهَبُ ؟أَذْهَبُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ
(=berapa)
(=berapa hari engkau pergi?)
(=aku pergi selama tiga hari)
لِمَاذَا / لِمَا
لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ ؟
الطَّرِيْقُ مُزْدَحِمَةٌ
(=mengapa)
(=mengapa kau terlambat?)(=jalanan macet)
لِمَ
لِمَ سَأَلْتَ ذَلِكَ ؟حَقِيْقَةً لاَ أَفْهَمُ
(=kenapa)
(=kenapa kau bertanya itu?)(=sungguh aku tidak paham)
لِمَنْ
لِمَنْ هَذَا الْقَلَمُ ؟
هَذَا قَلَمُ أَحْمَدِ
(=punya siapa)
(=kepunyaan siapa pena ini?)
(=ini pena Ahmad)

5 comments:

  1. Terimakasih :) sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih. Boleh tolong buatkan contoh seperti kata Tanya - Istifham. Huruf istisna, Atof dgn perantaran hurufnya, amil nasob dan lain2, sya sdg belajar nawhu masif belum faham. Minta tolong ya. Jazzakaullah khaira kasiran, wa-salam

    BalasHapus
  3. Terimakasih. Boleh tolong buatkan contoh seperti kata Tanya - Istifham. Huruf istisna, Atof dgn perantaran hurufnya, amil nasob dan lain2, sya sdg belajar nawhu masif belum faham. Minta tolong ya. Jazzakaullah khaira kasiran, wa-salam

    BalasHapus